Fri. Dec 9th, 2022

Tragedi industri paling buruk di dunia selalu menyimpan banyak kenangan pahit yang tidak pernah bisa dilupakan oleh semua orag di dunia. Setiap orang mungkin enggan mengingat kembali peristiwa pilu, namun hal tersebut menjadi penting lantaran dapat dijadikan bahan pembelajaran.

Tulisan ini juga akan mengingatkan kamu selaku pekerja di dunia insustri atau pemilik perusahaan di dunia industri, keselamatan manusia dan lingkungan hidup merupakan hal penting yang harus diutamakan dalam kegiatan industri. Berikut ini beberapa tragedi industri yang paling buruk di dunia.

Tragedi Bhopal

Tragedi Bhopal merupakan suatu peristiwa kelam yang terjadi negara India. Tragedi ini terjadi di Bhopal, Madhya Pradesh, tepatnya di pabrik pestisida Unicon Carbide Indian Limited (UCIL). Tragedi merupakan peristiwa kebocoran gas Bhopal yang terjadi pada malam hari tanggal 2 Desember 1984.

  • Korban Jiwa

Dikabarkan bahwa sekitar 500 ribu orang lebih terpapar gas metil isosiant (MIC) yang diakibatkan oleh insiden ledakan itu, 16 ribu orang dikabarkan tewas dan sekitar 558 ribu orang dikabarkan mengalami cidera serta penyakit yang diakibatkan oleh paparan gas tersebut.

Masih simpang siur terkait kredibelitas data kematian yang diakibatkan oleh tragedi Bhopal, pihak pemerintah mengklaim bahwa korban jiwa hanya sebesar 2.259, sedangkan pihak lain ada yang mengklaim 8 ribu orang meninggal setiap minggunya.

  • Penyebab Terjadinya Tragedi Bhopal

Pihak pemerintah India dan aktivis setempat menjelaskan bahwa penyebab dari tragedi Bhopal ialah kegagalan atau kelalaian pihak perusahaan dalam manajeman pemeliharaan.

Pemeliharaan yang ditunda menyebabkan situasi pada aliran pipa tidak kondusif, akibatnya, aliran air dikabarkan tidak bekerja semestinya sehingga masuk ke tangki MIC dan menciptakan ledakan.

Atas insiden tersebut, pihak pemerintah sebagai pemegang saham terbesar akhirnya bertanggung jawab terhadap para korban yang terdampak. Pihak perusahaan menanggung biyaya pengobatan, ganti rugi dan penyelesaian maslah lainnya, hingga pada tahun 1994 pihak perusahaan resmi menjual semua saham.

Tragedi Nuklir Chernobyl

Tragedi itu terjadi di Kota Pripyat, Ukraina, saat itu masih menjadi bagian dari Republik Sosialis Uni Soviet, sekitar tahun 1986. Peristiwa kelam ini tercatat terjadi di salah satu pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang terletak di lokasi tersebut.

  • Ledakan Besar

Tragedi Nuklir Chernobyl merupakan peristiwa terjadinya suatu ledakan besar yang melepaskan partikel radioaktif dalam jumlah besar ke atmosfer dan menyebar ke sepanjang perbatasan Ukraina, Rusia, Belarusia dan beberapa negara lainnya di Eropa Timut.

Radiasi yang disebabkan oleh ledakan itu berdampak pada keselamatan dan kesehatan masyarakat setampat, banyak sekali korban jiwa yang meninggal langsung ketika peristiwa itu terjadi dan setelah peristiwa itu terjadi.

  • Jumlah Korban Jiwa

Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dan WHO melaporkan sekitar 100 orang meninggal secara langsung akibat insiden tersebut dan sekitar 4 ribu orang meninggal secara tidak langsung akibat terdampak radiasi dari ledakan tersebut.

Selain itu, sekitar 117 ribu orang dievakuasi dari Pripyat lantaran dampak radiasi masih berlangsung cukup lama pada masa itu, zina larangan kemudian ditetapkan, yaitu sekitar 30 Km dari bangunan-bangunan yang tersisa.

  • Dampak dari Tragedi Nuklir Chernobyl

Selain korban jiwa dan korban yang menderita penyakit akibat terpapar radiasi dari tragedi tersebut, ada juga beberapa dampak lainnya yang terjadi akibat dari tragedi Nuklir Chernobyl, salah satunya ialah musnahnya 400 hektar hutan pinus yang terletak di lokasi tersebut.

Selain itu, keanekaragaman hayati dikabarkan rusak akibat tragedi tersebut. Meski begitu, setelah 35 tahun tragedi itu berlangsung, sekarang terlihat bahwa kondisi alam di lokasi tersebut berangsur membaik, walaupun peristiwa kelam mencatat tragedi kelam yang merusak alam dan menelan korban jiwa.

Tragedi Kebakaran Pabrik Ali Enterprise

Tragedi ini merupakan tragedi kemanusiaan yang sangat menyeramkan, sebuah kebakaran terjadi di sebuah pabrik Garmen yang terletak di Karachi, Pakistan. Kalau dua tragedi sebelumnya terjadi pada tahun 90-an, tragedi ini terjadii pada tahun 2000-an, tepatnya pada 11 September 2012.

Pabrik Garmen merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil, kebakaran yang terjadi di salah satu pabrik Garmen Pakistan itu menghebohkan dunia pada tahun 2012 lalu.

  • Jumlah Korban Jiwa

Dikabarkan bahwa sekitar 289 korban jiwa diakibatkan kebakaran yang terjadi di pabrik tersebut, kemudian 600 orang dikabarkan mengalami luka serius. Berdasarkan keterangan pihak pemerintah setempat, korban jiwa diakibatkan karena menghirup asap kebakaran.

Selain karena menghirup asap kebakaran, beberapa diantara mereka dikabarkan meninggal akibat terbakar hidup-hidup, kemudian sisanya dikabarkan meninggal akibat terinjak-injak ketika hendak keluar menyelamatkan diri dari lokasi kebakaran.

  • Penyebab Kebakaran

Dikabarkan bahwa penyebab kebakaran adalah kegagalan dalam manajeman logistik dan lemahnya upaya perlindungan keselematan tenaga kerja, pihak perusahaan telah memberikan biyaya kemanusiaan kepada keluarga korban tragedi itu beberapa bulan pasca peristiwa kelam tersebut.

Itulah beberapa tragedi industri paling buruk yang pernah terjadi di dunia, semua itu mengingatkan kita bahwa upaya pengelolaan pabrik dan keselamatan pekerja harus diutamakan dalam kegiatan industri.

 

By admin