Fri. Dec 9th, 2022

Apa itu retinol? retinol merupakan bentuk hewan dari Vitamin A. Dimana vitamin A ini bisa larut dalam lemak sehingga memiliki peran penting dalam penglihatan serta pertumbuhan tulang. Retino sendiri adalah jenis dari Vitamin A paling umum dan sangatlah penting dalam tubuh. 

Secara mudah, Retinol,  adalah senyawa yang banyak kita jumpai di produk perawatan kecantikan “anti-aging” untuk kulit wajah, retinol banyak digunakan untuk mencegah tkamu-tkamu penuaan pada kulit seperti kerutan, garis halus, flek hitam dan bahkan menghilangkan jerawat seperti fungsi awal diciptakannya.

Walaupun dapat dibeli secara bebas di pasaran, penggunaan berlebihan retinol dapat mengakibatkan efek samping pada kulit kamu terutama jika kamu memiliki kondisi kulit yang sensitif dan mudah alergi. Beberapa efek samping yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan retinol secara berlebihan seperti kulit menjadi kering, iritasi bahkan pada beberapa kasus kulit menjadi bengkak kemerahan, gatal dan melepuh atau mengelupas. Jika kamu mengalami gejala efek samping seperti dijelaskan dalam artikel ini, segera hentikan penggunaan retinol dan hubungi dokter kulit kamu jika efek samping tidak kunjung berkurang.

Sebelum kamu menggunakan retinol, untuk mencegah efek samping dari retinol ada baiknya kamu mengkonsultasikannya dahulu dengan dokter kulit kamu. Biasanya dokter akan menyarankan retinol dalam dosis rendah sekitar 0.25 persen sampai 3 persen. Ada beberapa jenis retinol yang beredar dipasaran, ada yang mengandung retinil palmitat, retinaldehyde, adapalene, tretinoin, atau tazarotene. 

Bagi kamu yang baru mulai menggunakan retinol, gunakan skincare dengan formula retinol yang rendah kadarnya seperti retinyl palmitate. Setelah kulit kamu mulai bisa beradaptasi dan terbiasa maka kamu bisa menambah dosisnya dengan skincare yang mempunyai kandungan retinol yang lebih tinggi. 

Jika kamu mempunyai kulit yang sensitif kamu dapat juga menggunakan retinol jenis retinil palmitat, untuk kamu yang mempunyai kulit normal maka dapat menggunakan retinol berjenis retinaldehyde, dan untuk kamu yang kulitnya memiliki minyak berlebih dan mudah berjerawat maka kamu dapat mencoba menggunakan retinol dengan jenis adapalene. 

Pastikan kamu membersihkan muka kamu terlebih dahulu sampai bersih sebelum menggunakan retinol agar efeknya bisa secara maksimal terserap oleh kulit kamu. Retinol dapat kamu kombinasikan dengan pelembab atau tabir surya jika kamu sedang beraktifitas diluar ruangan. 

 

Rekomendasi Produk Retinol yang Sangat Direkomendasikan 

Berikut adalah beberapa retinol yang direkomendasikan untuk kamu coba:

  • Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule banyak direkomendasikan karena kandungan retinolnya yang rendah. Sangat aman untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif dan baru pertama kali ingin mencoba retinol tanpa kuatir akan efek samping yang timbul dari pemakaian retinol ini.

Selain mengandung vitamin E yang baik untuk proses peremajaan kulit, Avoskin Miraculous Retinol Ampule juga mengandung ekstrak buah pomegranate dan ekstrak green tea yang berkhasiat dalam menjaga kekenyalan kulit dan mencerahkan kulit kusam kamu sehingga terlihat lebih cerah alami. Di Marketplace produk ini dapat kamu dapatkan dengan harga kisaran Rp 249.000 (30 ml).

  • For Skin Sake Retinol Serum

Dengan kandungan retinol yang rendah hanya sebesar 0.1% , For Skin Sake Retinol banyak juga dipilih oleh mereka yang ingin mencoba retinol untuk pertama kalinya. Cocok digunakan untuk segala jenis tipe kulit, For Skin Sake Retinol Serum bekerja dengan meregenerasi sel-sel kulit lama dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Selain menghaluskan kulit kamu, For Skin Sake Retinol Serum ini juga dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit kamu karena diperkaya dengan vitamin E, jojoba oil dan Hyaluronic Acid. For Skin Sake Retinol Serum juga sudah bebas paraben, bebas pewarna kimia dan bebas dari pewangi. kamu bisa mendapatkan For Skin Sake Retinol Serum ini dengan harga kisaran Rp 270.000 (30 ml) di marketplace pilihan kamu. 

  • Something Level1% Retinol

Produk retinol lainnya yang kami rekomendasikan adalah Somethink Level 1% Retinol, memiliki ph yang berkisar antara 5-6 sehingga tidak membuat iritasi pada kulit, Something Level1% Retinol mengandung Hyaluronic Acid dan Ceramide-3 yang membantu kulit menangkal radikal bebas di udara serta kandungan UV Absorber dari Something Level1% Retinol ini juga mampu membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Kandungan dari Something Level 1% Retinol ini juga dapat menjaga kelembaban kulit kamu. Something Level 1% Retinol juga diformulasikan dengan teknologi  Enkapsulasi Genital-200 dari Korea yang aman untuk kulit dan tidak menimbulkan iritasi. Dengan harga Rp 155.000 (20 ml) Something Level 1% Retinol boleh kamu jadikan pertimbangan dalam mencoba produk retinol yang ramah bagi kulit dan budget kamu.

Demikian beberapa rekomendasi produk retinol yang dapat kamu coba, perhatikan dan baca dengan baik label kemasan produk untuk memastikan tidak ada bahan berbahaya  yang dapat memicu reaksi alergi pada kulit kamu. Dan jika perlu dikonsultasikan dahulu dengan dokter kulit kamu sebelum kamu menggunakan produk-produk retinol yang ada dipasaran.

 

By admin