Thu. May 26th, 2022

Apakah Anda berniat masuk ke jurusan Teknik Kimia? Atau malah sebenarnya sedang menjalani pendidikan dalam jurusan ini? Teknik Kimia adalah salah satu jurusan yang sangat menarik sekali untuk dipelajari. Prospek pekerjaan dari lulusan Teknik Kimia juga sangatlah luas, bahkan gaji yang diberikan juga terbilang besar. Apa saja prospek pekerjaan dari jurusan ini? Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ulasannya. 

Tentang Jurusan Teknik Kimia 

Sebelum mengetahui apa saja prospek pekerjaan yang bisa dijalani oleh lulusan Teknik Kimia, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu sebenarnya apa yang dipelajari dalam jurusan ini. Pada dasarnya Teknik Kimia adalah ilmu teknik yang memiliki fokus untuk mengubah bahan-bahan mentah menjadi sebuah produk yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang dan kehidupan masyarakat. Misalnya adalah makanan, pakaian, minuman serta energi. 

Para insinyur teknik kimia mempunyai tugas untuk merancang serta mengembangkan sebuah produk. Fokus mereka adalah untuk meningkatkan kualitas dari sebuah produk atau bahkan menciptakan produk baru yang bisa membantu masyarakat. 

Selain menghasilkan dan mengembangkan produk, insinyur teknik kimia sendiri juga harus memperhatikan kesehatan masyarakat hingga lingkungan. Tidak bisa begitu saja menciptakan sebuah barang yang nyatanya akan bermasalah di masa depan. Dengan perannya yang sangat besar, tidak heran jika lulusan dari teknik kimia bisa memiliki gaji yang sangat besar. 

Prospek Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia 

Dengan penjelasan singkat teknik kimia, maka Anda bisa mengetahui apa saja bidang yang bisa dijadikan karir bagi lulusan jurusan ini. Berikut ini adalah daftar prospek pekerjaan untuk lulusan teknik kimia: 

  1. Process Engineer 

Karir pertama yang bisa dijalani process engineer. Profesi yang satu ini sendiri memiliki tanggung jawab yang besar. Dimana Anda akan bekerja untuk mengubah bahan mentah agar bisa dijadikan sebuah produk yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Anda akan bertugas untuk bisa merancang hingga mengoptimalkan barang yang diproduksi. 

Namun, pada profesi ini sendiri biasanya akan lebih terpusat pada matematika serta fisika. Meski begitu ilmu kimia yang Anda dapatkan juga akan berguna. Banyak sekali pekerjaan yang dapat dijalani sebagai seorang process engineer. Misalnya adalah membuat alat medis serta farmasi. Bahkan juga bisa membuat alat-alat yang diperlukan untuk mengolah bahan mentah menjadi barang yang lebih berharga. 

  1. Quality Engineer 

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa tugas dari orang yang menjalankan profesi ini adalah memastikan kualitas dari produk. Namun, tidak hanya mengawasi kualitas, menjadi quality engineer juga harus membuat dokumentasi, menentukan standar hingga uji kualitas agar seluruh produk sudah sesuai. 

Apabila Anda menjalani profesi yang satu ini sendiri, maka Anda akan lebih bertugas untuk memperbaiki apa yang kurang dalam produk. Anda pun akan bekerja dalam satu tim dan memastikan bahwa seluruh produk sudah sesuai dengan standar, aman, serta sesuai dengan kepuasan dari customer. 

  1. Ahli Kimia 

Kalau Anda adalah lulusan dari teknik kimia, maka tentu saja kesempatan untuk menjadi ahli kimia juga sangat besar. Apabila kamu ingin menjadi seorang ahli kimia, maka nantinya Anda akan melakukan penelitian terhadap tingkatan atom serta molekul. Kemudian Anda akan melakukan pengukuran terhadap proporsi serta laju reaksi. 

Sehingga nanti Anda akan memahami zat yang sedang diteliti dan juga sifatnya. Anda juga bisa membuat sebuah senyawa baru yang akan bermanfaat sehari-hari. Tentu saja, dalam melakukan penelitian Anda harus melakukan berbagai teknik dan juga dokumentasi yang jelas. 

Ahli kimia juga bisa terjun dalam dunia farmasi, di mana Anda akan bisa mengembangkan obat. Dimana nantinya obat ini akan diteliti mulai dari efek, stabilitas hingga kualitas. Ahli kimia pun juga bekerja di bidang forensik yang bisa membantu investigasi dalam sebuah kasus kriminal. Kebanyakan para ahli kimia juga bekerja pada laboratorium pemerintah, pabrik dan lain sebagainya. 

  1. Dosen 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa lulusan teknik kimia juga bisa menjadi seorang dosen. Hal ini sendiri karena banyak siswa yang membutuhkan ilmu dari seorang lulusan teknik kimia untuk mengajari mereka. Biasanya para lulusan dari teknik kimia ini akan mengajar di jurusan yang sama. 

Tapi, untuk menjadi dosen, maka Anda tidak hanya lulusan S1 teknik kimia. Minimal Anda melanjutkan pendidikan hingga tingkat S2 bahkan S3. Bila, Anda ingin menjadi dosen dalam bidang teknik kimia, maka harus siap untuk menempuh pendidikan lagi lebih tinggi. 

Itulah beberapa profesi yang bisa Anda jalani apabila mengambil jurusan teknik kimia. Sebenarnya masih banyak lagi profesi yang dapat Anda pilih. Mulai dari bidang kesehatan, manufaktur, pertambangan dan lain sebagainya. Tapi, untuk dapat masuk ke jurusan ini, Anda harus siap dengan materi yang berpusat pada hafalan dan hitungan. 

By admin