Thu. May 26th, 2022

Tak terasa sebentar lagi sudah waktunya gajian. Hal apa yang pertama kali Anda lakukan setelah menerima gaji? Melunasi pinjaman, belanja online, atau membuat daftar pengeluaran yang menggunakan uang tersebut? Walau terdengar merepotkan, Anda harus melakukan pencatatan keuangan karena ada banyak manfaat yang akan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Anda harus mulai belajar pengelolaan keuangan dari sekarang karena hal tersebut sangat penting yang berkaitan dengan ekonomi di masa mendatang. Sayangnya kebiasaan ini masih sering diabaikan orang-orang, terutama dari golongan muda. Alasannya pun beragam, mulai dari lupa, malas, tidak terbiasa, bingung, merasa tidak memiliki waktu untuk melakukannya, dan belum menemukan cara yang efektif untuk mencatat finansial secara rutin.

Supaya Anda lebih termotivasi, berikut kami ungkap beberapa alasan penting melakukan pencatatan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Simak yuk.

  1.     Mempunyai Wawasan tentang Kebiasaan Finansial

Pernah gak sih Anda merasa mudah sekali membelanjakan uang setelah teknologi bertambah canggih? Contohnya saja ketika muncul berbagai platform dan aplikasi belanja online, tinggal klik, bayar dan tunggu barang sampai di depan rumah.  Hal ini tak bisa ditampik karena benar adanya bahwa teknologi memudahkan manusia sekaligus membuat biaya hidup lebih boros.

Jika Anda termasuk orang yang suka menghabiskan uang untuk belanja, maka perlu membuat catatan pengeluaran. Karena dengan mencatatnya, Anda akan lebih cermat dan berpikir ulang sebelum membelanjakan uang gaji. Jangan sampai klik-bayar-klik-bayar tapi setelah melihat angka tagihan di akhir bulan malah kaget sendiri.  

Anda juga perlu hati-hati ketika menggunakan pinjaman online. Sebisa mungkin biasakan diri untuk tidak berhutang hanya untuk membeli barang-barang yang diinginkan, bukan dibutuhkan.  

Kunjungi: Senyumku.com

  1.     Lebih Mudah Mencapai Tujuan Finansial

Semua orang pasti punya tujuan yang ingin dicapai di masa depan, namun untuk menuju ke arah tersebut pasti membutuhkan yang namanya uang. Tidak terkecuali Anda, tentu memiliki keinginan untuk mempersiapkan dana  pendidikan, uang pensiun, beribadah ke tanah suci, hingga liburan ke destinasi impian bersama keluarga tercinta.

Apapun hal yang Anda inginkan di waktu yang akan datang itu bisa diwujudkan semua apabila tujuan finansial telah tercapai.  Supaya lebih mudah, silahkan lakukan pencatatan keuangan yang bisa membuat Anda merasa lebih percaya diri. Catat dengan rinci pengeluaran Anda untuk mengetahui berapa besar uang yang harus ditabung, dikeluarkan, dan dihasilkan.

  1.     Mencegah Kebocoran Cash Flow (Arus Kas)

Elemen utama dari cash flow adalah uang yang masuk dan keluar. Sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan lebih ingat dengan flow keuangan keluarga atau pribadi bila mencatat setiap uang yang masuk dan keluar setiap harinya. Akan lebih mudah melakukan pencegahan kebocoran cashflow karena sudah dideteksi dengan hal catatan keuangan.

Anda akan mengetahui berapa jumlah uang yang dibelanjakan untuk kebutuhan pokok dan sekunder. Mana kebutuhan yang harus diutamakan dan pengeluaran mana saja yang harus ditekan.

  1.     Belajar Lebih Menghargai Uang

Salah satu alasan kenapa banyak orang masih enggan mencatat pengeluarannya adalah karena merasa tidak siap mengetahui betapa seringnya mereka membeli barang dan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak dibutuhkan. Anda memang akan semakin mawas diri dan terlatih untuk lebih menghargai uang setelah membuat catatan keuangan dengan detail. Kegiatan ini tentu berdampak baik untuk kesehatan finansial Anda, karena sekarang sudah lebih handal dalam membedakan keinginan dengan kebutuhan.

Belajar menghargai uang tidak sama dengan pelit, lho. Karena yang Anda dapatkan adalah pikiran untuk lebih bijaksana dalam membelanjakannya, karena tahu bahwa menghasilkan uang itu bukan hal yang mudah dilakukan.

  1.     Menghindari Hutang Konsumtif

Apakah Anda dan pasangan sering kaget lihat tagihan yang membengkak? Jika iya, coba tinjau ulang kebiasan berbelanja Anda dan pasangan apakah benar-benar membeli baran yang dibutuhkan atau hanya untuk memenuhi gaya hidup. Melakukan pencatatan keuangan sangat dapat membantu And menghindari utang konsumtif.

  1.     Mempererat Hubungan dengan Pasangan

Bagi yang sudah menikah, pasti Anda merasakan betapa sulitnya mengatur keuangan dengan pasangan, berbeda saat sendiri. Tidak bisa ditampik bahwa finansial seringkali menjadi alasan retaknya hubungan dengan orang terkasih, bahkan tidak jarang ada yang memilih berpisah hanya gara-gara uang selalu kurang. Supaya keuangan tidak mempengaruhi hubungan pernikahan, maka buatlah komitmen untuk mencatat keuangan secara rutin. Dengan demikian, Anda dan pasangan akan lebih bijaksana dalam membelanjakan uang tersebut.

Silahkan ajak pasangan Anda berdiskusi tentang keuangan minimal sebulan sekali agar tidak ada yang bisa memicu keributan dalam hubungan, serta stress. Gunakan waktu luang untuk membuat keputusan bersama terkait tujuan keuangan yang ingin dicapai, pengeluaran yang boleh atau tidak, serta strategi mengelola keuangan keluarga yang baik.

Jadi, mulai dari sekarang Anda dapat melakukan pencatatan keuangan dalam kehidupan sehari-hari untuk merasakan manfaatnya Selamat mencoba, semoga sukses.

Download: Aplikasi Senyumku

By admin