Wed. Aug 10th, 2022

Belakangan ini memang sempat menjadi perdebatan masyarakat Indonesia, yaitu kelangkaan minyak goreng. Tidak hanya dari sektor rumah tangga saja yang kelimpungan, tapi juga dari bisnis rumahan serta UMKM yang gigit jari. Kelangkaan ini pun akhirnya berujung dengan harga minyak goreng yang sangat tinggi. Tapi, kenapa minyak goreng bisa langka? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Alasan Minyak Goreng Langka Di Pasaran 

Meski pemerintah sudah menetapkan harga terendah untuk minyak goreng dan produsen menyatakan bahwa stock aman, tapi tetap saja bahan yang satu ini masih langka. Masyarakat pun juga jadi bertanya-tanya, kenapa minyak goreng bisa langka. Nah, ini berikut ini adalah alasannya: 

Bukan karena pasokan 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa masalah kelangkaan dari minyak goreng bukan karena pasokan. Produksi minyak nabati dunia saat ini masih dalam keadaan yang aman. Bahkan tidak akan kurang. Tapi, produsen mengalami beberapa masalah yang membuat minyak goreng menjadi sangat langka di pasaran. 

Jadi, bagi Anda yang memang membutuhkan minyak goreng sebenarnya tidak perlu khawatir. Karena pasokan yang ada tetap banyak dan pasti nanti akan kembali lagi. Hanya saja mungkin akan menyebabkan beberapa kendala bagi pebisnis atau UMKM yang menggunakan minyak nabati untuk usahanya. 

Krisis energi jadi alasan utama 

Nah, ini adalah alasan utama kenapa minyak goreng menjadi sangat langka, yaitu persoalan logistik atau pengiriman. Sekarang ini sedang terjadi krisis energi di berbagai belahan dunia. Dimana berpengaruh terhadap pengiriman yang menggunakan alat transportasi. Sehingga seluruh pengiriman tersendat. 

Ini membuat pasokan minyak goreng di beberapa wilayah menjadi kurang. Maka tidak heran minyak goreng sekarang langka dan bahkan harganya melambung tinggi. Krisis energi ini sendiri sudah menjadi permasalahan cukup lama, tapi bagaimanapun juga memang tidak bisa ditahan. 

Pemerintah sendiri telah meyakinkan masyarakat, bahwa memang krisis energi yang menyebabkan minyak nabati menjadi sangat langka. Walau secara garis besar pasokannya amat sangat tercukupi. Karena ketika urusan logistik yang dipengaruhi krisis energi, jelas akan membuat biaya pengiriman naik. 

Kenaikan biaya pengiriman inilah yang menjadi pengaruh besar akan harga minyak goreng saat ini. Jadi, Anda memang harus bersabar hingga solusi bisa ditemukan oleh pemerintah. Saat ini, Anda hanya perlu mencari cara agar tidak kebingungan akan langkanya minyak goreng. 

Solusi Mengatasi Minyak Goreng yang Langka 

Untuk solusi mengatasi kelangkaan minyak goreng sendiri tidak hanya datang dari satu pihak saja. Pemerintah maupun masyarakat harus bisa bekerja sama agar kelangkaan ini sendiri tidak berlangsung lama. Adapun solusi yang mungkin bisa Anda lakukan agar tidak terpengaruh kelangkaan dari minyak goreng, berikut ini adalah solusinya: 

Tidak usah panic buying 

Kelangkaan minyak goreng yang sudah berlangsung beberapa pekan ini membuat banyak orang menjadi panik. Akhirnya pada saat harga minyak goreng turun dan mudah didapatkan, masyarakat pun membeli dalam jumlah banyak. Hasilnya? Sudah pasti menjadi lebih langka lagi. Hal ini tentu saja akan membuat minyak goreng harganya melambung lagi. 

Anda tidak perlu mengikuti trend ini. Karena seperti yang tadi dikatakan bahwa pasokan minyak nabati dunia, termasuk Indonesia sangatlah aman. Tidak ada kekurangan stock dan Anda sudah pasti bisa mendapatkannya. Selama Anda mampu bersabar karena memang yang terpenting mendapatkan minyak goreng sesuai kebutuhan. 

Penggunaan minyak goreng dikurangi 

Untuk solusi yang satu ini sendiri sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Dimana lebih baik Anda mengurangi penggunaan minyak goreng setiap harinya. Tidak perlu selalu menggoreng untuk memasak. Anda bisa mengakali dengan menu-menu yang sekiranya tidak perlu menggunakan minyak goreng yang terlalu banyak. 

Apalagi selalu makan goreng-gorengan jelas tidak akan baik untuk kesehatan. Anda hanya perlu memastikan saja stock minyak goreng yang Anda miliki cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. Jangan sampai Anda juga kesulitan mencari minyak goreng karena penggunaan yang terlalu banyak. Apalagi ikutan panic buying minyak goreng ini. 

Ganti minyak sayur dengan jenis lainnya 

Pada kenyataannya minyak khusus masak tidak hanya dari minyak sayur saja. Ada minyak goreng lain yang bisa dijadikan alternatif. Walaupun memang harganya lebih tinggi dari minyak sayur saat ini. Tapi, daripada Anda kesulitan mencari minyak goreng, tidak ada salahnya mencoba beberapa jenis minyak lain. 

Contohnya saja adalah seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jagung dan lain sebagainya. Selama Anda bisa mengatur keuangan dan penggunaannya, jelas tetap bisa menikmati menu masakan yang lezat. 

Demikianlah alasan mengapa minyak goreng sekarang ini sangat langka. Dimana ada beberapa solusi yang tentu saja bisa Anda lakukan agar tidak terlalu terpengaruh dengan kelangkaan dari minyak goreng. Apalagi mengingat bahwa minyak goreng stocknya masih sangat cukup untuk masyarakat. 

By admin