Fri. Dec 9th, 2022

Bumi merupakan sebuah sumber mineral yang penting sekali untuk kehidupan manusia. Tentu saja kita tidak dapat membayangkan bila kehidupan manusia tidak ada minyak sebab manfaat minyak bumi ini penting guna sumber kehidupan. Minyak bumi telah menjadi komponen lengkap khususnya untuk bahan bakar dan juga sumber kehidupan.

 Nah, apa saja manfaat dari minyak bumi untuk manusia di kehidupan sehari-hari? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Minyak Bumi untuk Manusia

1. Untuk bahan bakar

Manfaat pertama dari menabung untuk manusia yaitu minyak bumi mentah memang tidak dapat dipakai langsung dan berbahaya. Proses pengolahan minyak ini melalui beberapa tahap, seperti Penyulingan sampai mendapatkan hasil minyak bumi yang sempurna.

 Hasil penyulingan tersebut merupakan minyak bumi yang sudah menjadi bahan bakar seperti minyak tanah, solar dan bensin. Sebagian jenis minyak ini dapat menjadi bahan bakar untuk kendaraan dan juga dapat menggerakkan mesin diesel. Sehingga, terbayang bukan bila tidak ada minyak di dunia ini yang menjadi sumber bahan bakar untuk aktivitas manusia.

2. Sumber gas cair

Selanjutnya manfaat dari minyak bumi yang sering kita lihat pada kehidupan sehari-hari yaitu gas cair seperti yang ada di dapur. Gas cair atau yang dikenal dengan Elpiji ini didapat dari hasil mengolah minyak bumi, tidak hanya manfaat dari gas alam saja.

 Menjadi produk yang memiliki nilai lebih tinggi daripada bahan bakar yang digunakan di kendaraan, gas cair bisa didapatkan dari minyak bumi yang sudah diolah dengan tahap penyulingan dan juga pemurnian secara khusus.

3. Industri kimia

Manfaat berikutnya dari minyak bumi untuk kehidupan manusia yaitu senyawa yang dihasilkan pada pengolahan minyak ini ternyata berperan penting untuk memproduksi sejumlah produk kimia. Produk produk yang dihasilkan dari olahan minyak tersebut seperti cat kayu, cat mobil, cat dinding, cat minyak, dan sejumlah produk plastik.

 Lalu, hasil sisa pengolahan minyak bumi tersebut, ternyata tidak akan dibuang ke alam tetapi masih mempunyai manfaat yang besar untuk kehidupan sehari-hari manusia.

4. Produksi polimer

Anda perlu tahu jika minyak mentah dapat menghasilkan polimer yang sangat penting untuk membuat sejumlah barang-barang industry. Industri yang menggunakan polimer minyak mentah yaitu industri plastik. Sementara itu manusia memerlukan plastik sebagai wadah untuk meletakkan benda ataupun makanan.

5. Memproduksi bahan-bahan serat

Berbagai jenis serat seperti Nylon, polyester, rayon dan bahan sintetis lainnya pun ternyata menggunakan minyak bumi sebagai komponen nya tapi manfaat minyak ini sudah melewati berbagai macam proses pengolahan dan menghasilkan banyak sekali produk salah satunya yaitu bahan untuk campuran serat, sehingga tidak mudah terbakar.

 Tentu saja manusia memerlukan benda-benda ini dan bergantung dengan sumber minyak mentah sebab sampai saat ini belum ada lagi sumber serat yang baru selain dari minyak bumi.

6. Bahan baku poliuretan

Manfaat selanjutnya dari minyak bumi untuk kehidupan manusia yaitu sebagai sumber bahan poliuretan yang sering ada di rumah Anda, tetapi banyak yang tidak mengetahuinya secara langsung. Salah satunya yaitu benda yang memiliki busa. Busa mempunyai sifat yang tahan akan tekanan dan juga nyaman sekali digunakan.

 Ternyata produk usaha tersebut menggunakan minyak bumi untuk bahan poliuretannya. Produk tersebut aman sekali digunakan oleh manusia dan sangat ramah lingkungan.

7. Barang-barang dapur

Beragam produk yang ada di dapur Anda seperti kursi, pintu, panel, kunci jendela, kunci pintu dan kulkas nyatanya melibatkan minyak bumi saat tahap pembuatannya. Minyak bumi dipakai menjadi sumber pengolahan baik menjadi produk Sampingan guna mengolah baca, sumber panas, besi ataupun alumunium. Sehingga minyak bumi yang ada di sekitar kita tentunya sangat bermanfaat.

8. Bahan untuk memproduksi mobil

Sebagian elemen mobil seperti kabel listrik, blok bodi, dan berbagai perangkat yang ada di dalam mobil ternyata memerlukan minyak mentah. Minyak tersebut akan diolah dengan berbagai cara dan menghasilkan produk sampingan maupun utama.

 Beberapa zat yang dihasilkan pada pengolahan minyak bumi dan dibuat menjadi badan mobil, sejumlah komponen elektronik menjadi lebih ringan dan beberapa cairan seperti minyak pelumas, bahan bakar mobil dan minyak rem merupakan hasil dari minyak bumi.  

9. Pembangkit listrik

Pengembangkit listrik pun memerlukan minyak bumi menjadi sumber panas. Manfaat minyak ini yang diolah dengan khusus dan pembangkit ini akan menghasilkan tenaga karena adanya uap panas yang menggerakkan turbin di pembangkit menerima pergerakan kumparan magnet sehingga menghasilkan listrik.

 Tentu saja manusia memerlukan listrik menjadi sumber tenaga, untuk menggerakkan alat elektronik dan seluruh perlengkapan yang memerlukan tenaga listrik.

 Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dari minyak bumi. Semoga ulasan di atas menjadi sumber informasi untuk Anda dan menambah pengetahuan Anda lebih luas lagi.

By admin