Wed. Aug 10th, 2022

Hanya untuk memasak saja tetapi minyak kelapa pun diyakini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Karena minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E, namun tidak terdapat serat ataupun vitamin hingga mineral di dalamnya. 100% minyak kelapa merupakan lemak dan sebagian besarnya merupakan lemak jenuh.

 Tetapi, struktur lemak pada minyak kelapa ini tidak sama dengan banyak produk hewani lainnya, terutama pada asam lemaknya. MCT yang ada di dalam minyak kelapa pun sangat tinggi. Ini sangat sulit untuk tubuh mengubah nya menjadi lemak simpanan dan lebih mudah bila dibakar.

 Nah, ada baiknya kita mengetahui manfaat kesehatan apa saja yang dimiliki minyak kelapa seperti berikut ini.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Tubuh

1. Meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik

Manfaat yang pertama dari minyak kelapa untuk kesehatan itu bisa meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik. Hal tersebut bisa didapatkan karena minyak kelapa mengandung Trigliserida rantai menengah atau MCT. Senyawa yang ada di minyak kelapa tersebut sudah terbukti bisa membantu Anda untuk meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. 

Khasiat tersebut baru ditemukan oleh peneliti dengan skala yang kecil. Walaupun demikian, beberapa peneliti pun melihat jika efek dari minyak kelapa untuk kolesterol ini sama seperti minyak zaitun. Tetapi para ahli pun masih memerlukan penelitian lebih mendalam untuk memastikan tidak adanya manfaat dari minyak kelapa untuk meningkatkan HDL.

2. Mampu mengelola stress

Tidak hanya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam perkara saja, manfaat minyak kelapa lainnya yang dapat Anda peroleh yakni mampu mengelola stress. Tetapi, stress yang dimaksud tersebut berhubungan dengan stress karena olahraga. Hal tersebut disebabkan oleh minyak kelapa murni diyakini mempunyai sifat antioksidan.

 Lalu, stress yang muncul karena radikal bebas pun dapat dilawan dengan minyak kelapa yang memiliki kandungan anti oksidan ini. Temuan tersebut dibahas pada studi dari Experimental and therapeutic medicine yang dilakukan pada hewan pengerat.

 Studi awal tersebut memperlihatkan jika terdapat kemungkinan bila minyak kelapa murni memiliki manfaat untuk mengobati sejumlah jenis depresi.

3. Bisa mengurangi rasa lapar

Untuk Anda yang ingin diet atau menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan, mungkin minyak kelapa ini bisa menjadi pilihan untuk anda. Manfaat dari minyak kelapa ini bisa didapat karena adanya kandungan MCT di dalam minyak kelapa ini.

 Lalu cara kerja dari MCT pun diyakini berkaitan dengan cara tubuh untuk menjalani tahap metabolisme lemak. Karena, keton bisa mengurangi nafsu makan Anda. Meskipun begitu, penelitian lebih dalam masih dibutuhkan mengingat sejumlah studi yang ada merupakan skala kecil dan juga dilakukan dengan waktu yang singkat.

 Jika manfaat tersebut bisa bertahan lama, ada kemungkinan dapat membantu untuk menurunkan berat badan Anda.

4. Membuat kulit tetap sehat

Bukan hanya menjadi bahan masakan saja, sejumlah produk kecantikan pun faktanya memakai minyak kelapa menjadi bahan utama. Sejumlah produsen meyakini jika menggunakan ekstrak minyak kelapa bisa meningkatkan fungsi untuk melindungi kulit.

 Tidak hanya itu saja, minyak kelapa pun memberikan efek anti inflamasi yang pastinya dapat membentuk untuk menjaga kesehatan kulit. Tetapi, harus diingat khasiat ini bisa berlaku di beberapa produk topikal atau yang digunakan pada kulit saja. Penggunaan minyak ini saat memasak belum bisa terbukti bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat.

5. Mencegah datangnya penyakit liver

Dapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan liver atau hati yaitu salah satunya dengan memanfaatkan minyak yang satu ini. Hal tersebut bahkan telah dilaporkan pada studi yang dimuat pada Journal of the Science Food and Agriculture.

 Penelitian tersebut menggunakan tikus sebagai uji coba, tikus yang terkena penyakit liver akan mengonsumsi diet glukosa secara tinggi. Dia tersebut dibagi menjadi dua kelompok dengan minyak dan juga tanpa minyak. Hasilnya, tikus yang memakan minyak kelapa mempunyai kesehatan liver lebih baik sesudah 4 minggu dibandingkan dengan tikus yang tidak mengkonsumsi minyak.

 Hal tersebut tentu saja menunjukkan potensi manfaat minyak kelapa untuk mendukung kesehatan liver manusia.

6. Bagus untuk kesehatan gigi

Manfaat selanjutnya dari minyak kelapa yaitu sejak dahulu minyak kelapa seringkali menjadi obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi. Kerjanya juga sama seperti obat kumur biasanya, Anda dapat mengoleskan minyak di area mulut dan berkumur supaya memperoleh manfaatnya.

 Tersebut berasal dari kegunaan minyak kelapa menjadi pelindung tambahan untuk gigi dan gusi yang rentan akan penyakit. Tentu saja hal tersebut terdengar oleh Anda bukan? Ada bisa mencobanya lho.

 Demikianlah ulasan mengenai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan manusia. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minyak kelapa ini. Oleh karena itu, yuk manfaatkan minyak kelapa sebaik-baiknya untuk kesehatan Anda.

By admin